[Only registered and activated users can see links. ]

Helsinki - Nokia, produsen ponsel terbesar dunia merilis platform game N-Gage baru. Untuk sementara, platform versi awal ini baru bisa digunakan bagi pemakai ponsel N81. Mengusung nama N-Gage First Access, pemakai N81 sudah bisa mengunduh aplikasi awal platform N-Gage ini dan juga membeli game N-Gage yang diinginkan untuk dimainkan.

Layanan N-Gage First Access dari Nokia tersebut sempat tertunda-tunda peluncurannya tahun lalu karena masalah lamanya waktu uji coba software. Nantinya, layanan tersebut direncanakan juga bisa dipakai pada handset Nokia lainnya dan fitur-fiturnya akan terus dikembangkan.

Perusahaan Finlandia itu juga mulai membuka layanan situs jejaring sosialnya, 'Share on Ovi'. Di situs jejaring ini, para pengakses bisa saling bertukar video atau foto. Seperti dikutip detikINET dari Guardian, Selasa (5/2/2008), situs tersebut dibuat dengan teknologi yang dimiliki Twango, perusahaan Amerika yang dicaplok Nokia.

Layanan game dan situs jejaring sosial tersebut merupakan salah satu usaha Nokia bermain dalam bisnis layanan mobile di bawah merek 'Ovi". Nokia memang menjadi produsen handset pertama yang serius bermain di bidang konten.

Mereka misalnya telah mempunyai situs Mosh. Di situs yang dikembangkan Nokia ini, pengguna bisa mengunduh program atau video tertentu ke dalam handset mereka.